Selasa, 31 Mei 2016

Musik Box / Orgel Symphonion Circa 1889

Musical Box "Symphonion"


Perusahaan Symphonion memulai bisnis pada 1885 dan memproduksi alat musik pertama dengan model kotak yan lebih di kenal dengan familiar Music Boxes . Pendirinya adalah Oscar Paul Lochmann dan dengan dua mitra: Gustave Brachhausen dan Paul Riessner. Dalam waktu dua tahun bergabung dengan Symphonion Gustave Brachhausen dan Paul Riessner membuat berbagai jenis Music Boxes dengan model Kotak atau pun Standing dan setelah 2 Thn bergabung mereka meninggalkan Pabrik yang membesarkan nama mereka untuk mengatur perusahaan baru yaitu Polyphon yang membuat mesin serupa. Pada tahun 1889 perusahaan Symphonion Menjadi perusahaan publik terbatas kewajiban atau Aktiengesellschaft, dengan saham yang terdaftar di bursa saham. Menyusul pembentukan Asli Musik Werke Paul Lochmann pada tahun 1900, bisnis pendiri Symphonion terus di bawah kendali Franz Thümen dan Hans Kanitz hingga 1909 ketika memasuki Kesulitan Keuangan dan direstrukturisasi, dengan nama bisnis yang berubah untuk Symphonion-Fabrik AG. Di bawah nama ini Tetap ada pada Schkeuditzer Strasse 13-17b di Gohlis.
The Symphonion merupakan pelopor alat music Boxes yang mengunakan lempengan Plat untuk menghasilkan dentingan musik yang cukup indah dan merdu untuk didengarkan, dan merupakan alat penghasil bunyi suara yang  lebih Familiar di kenal di indonesia Music Orgel.
Dan Symphonion yang saya miliki ini mungkin merupakan saksi sejarah salah satu tempat Theater yang cukup terkenal pada Zaman Ned Indie “ tepat di bawah Jendela Symphonion tertulis marking “ RIVOLI “ Bandoeng – Batavia yang menadakan alat music ini pada zamanya merupakan alat untuk memainkan suatu pertunjukan Theater di Gedung Rivoli atau sebagai Music yang di gunakan untuk Film Bisu pada Zamanya gedung Rivoli Bandung yang terletak di Jalan Yun Liong (sekarang Jalan Baranang Siang) adalah gedung bioskop, mulai dari masa pemerintahan Belanda yang bernama “Rivoli”, kemudian berganti nama setelah Indonesia Merdeka tahun 1945 menjadi bioskop “Fajar”, dan Di Jakarta di Jalan Kramat Raya. Bioskop Rivoli adalah bioskop yang tersebar di seluruh dunia dengan induk di Paris.
untuk lebih detail silahkan masuk ke link :
http://mfm.uni-leipzig.de/hsm/detail.php?id=63 
Merupakan kebangaan tersendiri memiliki barang antik yang memang tergolong langka dan merupakan saksi sejarah indonesia tempo dulu, dan hampir di semua negara jenis musik boxes seperti ini sudah menjadi bagian dari museum barang2 antk di seluruh dunia.
Untuk Kondisi Symphonion yang saya milikiini dengan Kondisi Full Original dan berfungsi cukup baik dan memiliki ukuran T: 193 Cm, P: 70 Cm, L: 33 Cm dan untuk Diameter Plat Disc Orgel 34.5 Cm, dengan bahan boxes kayu Jati yang cukup tua. 

Ket : Koleksi Pribadi



 Foto di Ambil di link : 
http://mfm.uni-leipzig.de/hsm/detail.php?id=63 


Foto Symphonion pertama yang di ciptakan oleh Oscar Paul Lochmann

Gedung Theater / Bioskop Rivoli Era Ned Indie di Bandung :
Gedung Rivoli yang sekarang berganti nama menjadi Gedung Baranang Siang yang di gunakan untuk pertunjukan kegiatan  seni di bandung link : www.mbandung.com


 Foto Gedung Bioskop Rivoli di Jakarta yang skr sudah punah :


 Foto di Ambil di link : 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar