Selasa, 03 Mei 2016

COLUMBIA GRAMOPHONE VIVA-TONAL GRAFANOLA No.154a From KK KNIES Soerabaia - Weltevreden

COLUMBIA GRAMOPHONE VIVA-TONAL GRAFANOLA No.154a
Perusahaan Columbia Company mengawali Bisnis dalam menjual rekaman disc dan phonographs dengan sistem silinder pada tahun 1901, Columbia berkompetisi dengan dua perusahaan besar yaitu Edison phonograph  dan Victor Talking Machine Company.

Dalam rangka untuk menambah prestise ke katalog ,Columbia mengontrak sejumlah Musisi Opera dari New York Metropolitan untuk membuat rekaman (dari 1903 dan seterusnya). Bintang-bintang termasuk Marcella Sembrich, Lillian Nordica, Antonio Scotti dan Edouard de Reszke, tetapi standar teknis rekaman mereka tidak dianggap setinggi hasil yang dicapai dengan penyanyi klasik selama Satu periode pra-Perang Dunia oleh Victor, Edison, Inggris yang mengontrak penyanyi  Italia Fonotipia . Pada tahun 1908, Columbia memulai produksi piringan hitam yang di sebut "Double Sided" pada saat itu, dan Columbia pada saat itu mengeluarkan mesin Gramaphone dengan memakai corong yang di sebut "Grafonola" untuk bersaing dengan  "Victrola"yang  dijual oleh Victor  Machine Company.

dan columbia Company sempat merajai Bisnis Phonograph & Gramaphone pada saat itu karena memiliki Kualitas Soundbox yang sangat baik yang di sebut Double strong voice dan itu tidak di miliki oleh pesaing phonograph dan Gramaphone pada saat itu.

  

untuk lebih detail silahkan kunjungi link:  

Gramophone ini di keluarkan oleh satu Unit usaha pada Zaman Ned Indie KK KNIES yang merupakan agen penyalur untuk produk2 import pada Zaman Bed Indie dan nama kota yang masih menggunakan Ejaan Lama, yaitu Soerabaia - Weltevreden  agen KK KNIES adalah nama sebuah Toko Alat musik yang cukup terkenal, awalnya berada di Surabaya, terletak di Jalan Tunjungan, berdiri sekitar tahun 1909 dan mulai berkembang pesat membuka cabang di beberapa kota seperti Bandung dan Semarang.
Gramophone yang saya miliki ini dengan Type 154a yang di buat sekitar thn 1928 di London. E.C.I Gramophone dan di distribusikan ke indonesia melalui KK.KNIES type ini bisa di sebut Jenis Gramophone Konser yang biasa digunakan di Gedung2 Kesenian, Bahan dari Gramaphone ini mengunakan kayu Mahagony khas dari Columbia Gramophone,Ukuran dari Gramophone ini P: 75Cm, T: 88Cm, L: 48Cm Suara yang di keluarkan Gramophone ini Cukup Baik dan Keras karena mengunakan Soundbox Columbia No.9 dan memiliki Corong Plat dengan model Snake Horn, untuk kondisi kayusudah pernah di finishing ulang merupakan kewajaran mengingat usia Gramophone ini yang sudah sangat tua dan langka.
Ket : Sold Out Thx P WP Jkt.
 


Berikut Pict & Link Untuk bahan perbandingan gramophone columbia viva tonal Grafonola no.154a :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar