Selasa, 19 November 2013

Timbangan POS Barang Handelmaatschappij Barmer Export Gesellschaft

Timbangan POS Barang Handelmaatschappij Barmer Export Gesellschaft

Timbangan Pos ini biasa digunakan untuk menimbang barang atau paket ini masih dalam kondisi baik, berfungsi, lengkap dan original memiliki ukuran tinggi 20cm, panjang 40cm dan lebar 28,5cm. dengan kekuatan maksimal menimbang barang sebesar 25kg.

Pada bagian  timbangan terdapat marking dengan tulisan "Handelmaatschappij Barmer Export Gesellschaft (BEG)", dan juga terdapat nama kota luar dan dalam negeri dengan tulisan masih menggunakan Ejaan Lama"Soerabaia, Samarang, Medan-Deli, dan Singapore, Bangkok, Barmen"D.R.G.M. dan D.R.G.M sendiri adalah marking sebuah tanda pendaftaran barang diperkenalkan 1891 sampai tahun 1949, setiap barang yang berlogo D.R.G.M adalah barang yang ter registrasi  secara internasional , dan  Terhitung sejak akhir Oktober tahun 1952, semua pendaftaran barang atau produk di ganti dengan' Deutsches Bundesgebrauchsmuster ' ( DBGM ) atau hanya dengan ' Gebrauchsmuster ' atau ' Gebrauchsmusterschutz.


Pada bagian muka timbangan juga terdapat marking DRGM (Deutsches Reichs Gebrauchs Musterschutz) dan terdapat juga nomor seri timbangan dengan Nomor 13367 pada bagian sisi kanan timbangan seperti tampak pada gambar no.6 pada gambar diatas. Jika dilihat dari marking dan nomor tersebut timbangan ini dibuat oleh Germany dan diproduksi sekitar tahun 1891 s/d 1895. 
Diperkirakan Timbangan ini digunakan untuk menimbang kertas, barang atau paket di Perusahaan Pos Indonesia atau PTT (Pos Telegram dan Telepon) sebutannya pada masa itu. 

Ket : EX koleksi Pribadi (SOLD OUT)

Sold Out P IW Bandung










 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar