Kamis, 12 Juni 2014

Iklan Enamel" Tembaco Shag - Dobbelman"

Iklan Enamel" Tembaco Shag - Dobbelman" 

Iklan Enamel Dobbelman ini memiliki dimensi 60cm x 40cm,diperkirakan diproduksi pada tahun 1925 - 1930 dengan kondisi Full original, masih cukup baik dan sangat layak pajang,dan kelebihan Iklan Dobbelman ini dari Tehknik pembuatanya lebih cangih pada eranya karena memakai sistem stensil (sketsa manual dengan di lukis ) terlebih dahulu dan mungkin Iklan ini termasuk Iklan yang di buat dengan Biaya yang tinggi.

Pada bagian atas Iklan Enamel ini ada tertulis kalimat yang masih menggunakan Ejaan Lama "Minoem Selamanja" suatu kalimat yang sangat unik dan aneh kedengarannya yang mungkin artinya sekarang adalah "Hisap Selalu". dan Roko Dobbelman adalah Roko yang populer pada Era Ned Indie .

dan perkembangan prosuk Dobbelman berkembang hampir keseluruh dunia hampir ke semua benua produk Dobbelman masuk karena kualitas yang cukup baik untuk tembaco Dobbelman masuk 5 besar dalam katagori tembaco dan Dobbelman sendiri pernah polpuler di Indonesia pada masa penjajahan kolonial belanda karena kebiasaan orang belanda mengkomsusmi produk Dobbelman menjadikan semua toko klontong pada saat itu menyediakan produk Dobbelman.

Untuk kekurangan dari Iklan Enamel Dobbelman ini bisa dilihat di Foto 5 tetapi masih cukup wajar karena tidak menghilangkan indetitas dan keindahan enamel ini.
Ket : Sold Out THX P ST Jkt






Tidak ada komentar:

Posting Komentar